Praktikum Akuntansi Manufaktur Seri KPK (Konsep dan Praktikum Komprehensif) Level 1 Job Order Costin

Penulis       :     Sony Warsono-bin-Hardono dan Tunggoro Widiandaru

Penerbit     :     AB Publisher, Yogyakarta

Halaman    :     iv, 108 halaman

Tahun         :     2017

Kegiatan bisnis pada perusahaan manufaktur secara umum lebih rumit dibandingkan dengan perusahaan dagang dan jasa. Dari perspektif akuntansi, mekanisme pencatatan yang berlaku pada perusahaan jasa dan perusahaan dagang juga berlaku di perusahaan manufaktur. Namun, akuntansi pada perusahaan manufaktur umumnya lebih kompleks.

Bagian utama yang membedakan perusahaan manufaktur dengan perusahaan dagang dan jasa adalah bagian produksi. Produksi di perusahaan manufaktur dapat dikelompokkan menjadi 2 sistem, yaitu produksi yang dilakukan berdasar pesanan (job-order) dan produksi yang dilakukan berdasar proses (process). Buku “Praktikum Akuntansi Manufaktur Seri KPK (Konsep dan Praktikum Komprehensif) level 1 job order costing” merupakan buku tingkat dasar yang dirancang secara khusus bagi pemula dalam mempelajari transaksi perusahaan manufaktur. Sebagai tingkatan awal, pembahasan utama buku seri KPK level 1 ini difokuskan pada sistem pencatatan proses produksi yang merupakan karakteristik utama perusahaan manufaktur. Pemahaman mengenai sistem pencatatan proses produksi dalam buku ini, akan menjadi dasar dalam memahami praktik akuntansi perusahaan manufaktur.

Selanjutnya, buku ini menjelaskan mengenai penggunaan akuntansi pada sistem job order costing. Pembahasan di buku ini akan memandu pembaca memahami praktik akuntansi diperusahaan manufaktur dengan sistem sistem job order costing mulai dari identifikasi dan pencatatan transaksi, pencatatan transaksi penyelesaian proses produksi dan penjualan produk jadi hingga penyusunan laporan keuangan.

Buku ini akan memandu pembaca dalam mempelajari sistem akuntansi pada perusahaan manufaktur yang menerapkan sistem job order costing, dimulai dari ranah konseptual dan diintegrasikan dalam bentuk simulasi kasus praktikum akuntansi perusahaan manufaktur. Menariknya, kasus yang disajikan dalam buku ini di desain dengan format simulasi praktikum menggunakan ketentuan-ketentuan khusus pada setiap kasus. Hal ini akan melatih pembaca menyesuaikan antara konsep dan praktik yang ada di setiap perusahaan, karena pada umumnya setiap perusahaan memiliki keunikan dan karakteristik khusus dalam mengembangkan sistem akuntansinya. Buku Praktikum Akuntansi Manufaktur Seri KPK Level 1 Job Order Costing akan membantu pembaca mendemonstrasikan secara langsung pemahaman konsep dan kasus praktikum yang disajikan.

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*